Kamis, 27 Oktober 2011

Drum Band (DB)

drum band sudah bukan menjadi kata yang asing atau jarang didengar. Bukan karena saya sendiri berkecimpung di dunia drum band tapi memang orang-orang di kota ini sudah sering disuguhkan penampilan atau pertunjukkan drum band, baik itu berupa kirab, konser, maupun sudah dalam bentuk perlombaan. Banyak orang sudah melihat drum band tapi apakah mereka juga sudah mengetahui arti dari gabungan dua kata ini?
kirab drum band

Pertunjukkan Drum Band

Drum band dapat dijadikan sebagai media hiburan, pengembangan kreatifitas, promosi dan edukasi bagi para pelakunya. Kalau bagi saya sendiri sudah empat tahun lebih kegiatan ini dijadikan sebagai sumber mata pencaharian Open-mouthed smile. Pada postingan sebelumnya pernah saya sampaikan tentang peranan drum band dalam perkembangan kecerdasan anak. Di dalamnya hanya sedikit saya ulas mengenai pengertian drum band itu sendiri, karena itu pada postingan kali ini saya menambahkan sedikit.

Sebenarnya kata drum band yang sudah sering kita dengar berasal dari dua kata yaitu “drum” dan “band”. Mari kita uraikan dulu arti dari dua kata ini sebelum ke pengertian drum band secara umum.

Pengertian “drum” adalah alat musik yang dimainkan dengan dipukul atau ditabuh. Beberapa jenis alat drum yang ada pada drum band antara lain: snare drum, tenor/ alto drum, bass drum maupun trio-tom. Sedangkan “band” adalah bentuk gabungan alat musik yang berfungsi sebagai melodi dalam suatu lagu yang terdiri: alat musik tiup, alat musik perkusi yang bernada serta ditambah dengan simbal. Beberapa alat yang digunakan dalam drum band adalah bellyra, vibrafon, kolintang, trumpet, pianika maupun rekorder.

alat drum band

Alat Drum Band

Jadi, drum band menurut arti katanya adalah gabungan alat musik jenis drum dan alat musik tiup maupun alat musik perkusi yang bernada yang dimainkan secara bersamaan.

Namun, gabungan alat musik yang dimainkan secara kelompok tersebut belum dapat disebut drum band bila cara memainkannya tidak dibarengi dengan gerakan langkah kaki melangkah, berjalan maupun berpindah. Dari kelompok drum band dapat berkembang kesatuan yang lebih besar selain unsur instrumen musik perkusi dan instrumen tiup yaitu dengan ditambahkannya Color Guard (CG) yang merupakan salah satu unsur pendukung yang ikut menentukan penilaian dalam suatu perlombaan drum band. Selain itu ada pula unsur pendukung lainnya seperti Gitapati dan mayoret.

Secara umum pengertian drum band dapat didefinisikan sebagai bentuk permainan musik dan olahraga yang terdiri dari beberapa orang personil untuk mengiringi langkah dalam berbaris, atau dengan kata lain berbaris sambil bermain musik.

Pada kenyataan nya saat ini drum band sering diidentikkan dengan pertunjukkan musik diiringi gerak dan tari (adanya unsur CG) dan visual karena adanya tambahan atraksi dari para pemainnya, sehingga drum band akan sangat menghibur jika dipertontonkan.

1 komentar: